Desk Konsultasi Pengembangan dan Pengolahan Bahan Perpustakaan di RAKORNAS Bidang Perpustakaan, Jakarta 25-26 Februari 2020

Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka pada hari Selasa tanggal 25 Februari 2020 ikut berpartisipasi dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Bidang Perpustakaan 2020 yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional RI di Hotel Bidakara, Jakarta. Upaya tersebut dilakukan dengan membuka Desk Konsultasi Pengembangan dan Pengolahan Bahan Perpustakaan di luar ruang sidang. Tim desk konsultasi dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka Drs. Upriyadi, S.S., M. Hum. dibantu 2 orang pustakawan dari Bidang Akuisisi Ririn Anggraeni dan Yulianah serta 2 orang pustakawan dari Bidang Pengolahan Bahan Pustaka Rizky Catur Utomo, dan Saiful Afidhan. Dalam pelaksanaannya, tim juga mendapat dukungan dari Kepala Bidang Akuisisi Emyati Tangke Lembang, S.Sos. dan Kepala Bidang Pengolahan Bahan Pustaka Suharyanto, S.Sos., M.Hum.

Selama kegiatan, semua anggota tim menjawab pertanyaan dari peserta RAKORNAS yang berkunjung ke desk konsultasi. Pertanyaan tersebut mencakup kegiatan pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan. Sebagian pengunjung juga memberikan contoh kasus yang terjadi pada perpustakaannya masing-masing. Sementara bagi pengunjung yang bertanya di luar pengembangan dan pengolahan bahan perpustakaan, akan diarahkan oleh tim ke desk konsultasi yang lain. Selain itu, tim juga menampilkan dan memperkenalkan buku-buku pedoman dan peraturan yang dicetak oleh Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka. Buku-buku tersebut di antaranya Pedoman Pendaftaran dan Pemberian Penghargaan Naskah Kuno, Kebijakan Pengembangan Koleksi, Pedoman Penaksiran Harga Bahan Perpustakaan, Pedoman Pengolahan Bahan Perpustakaan, Pedoman Klasifikasi Bahasa dan Kesusastraan Indonesia, Perluasan dan Penyesuaian Notasi DDC untuk Wilayah Indonesia, Daftar Tajuk Subjek Islam dan Klasifikasi Islam, Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional serta Pedoman RDA.

Pada RAKORNAS kali ini, tim desk konsultasi juga mencoba untuk menampilkan hal baru melalui pemanfaatan cloud storage menggunakan aplikasi Google Drive dalam menyebarkan buku-buku tersebut. Buku-buku terkait pengembangan koleksi diarahkan untuk diunduh di bit.ly/publikasiakuisisi, sementara terkait pengolahan bahan perpustakaan pengunjung diarahkan ke alamat bit.ly/pedomanpengolahan. Pengunjung juga antusias dengan informasi tersebut. Hal ini terlihat dari keinginan pengunjung untuk mengabadikan alamat Google Drive, baik dengan difoto maupun dicatat. Sebagian bahkan mencoba untuk membukanya langsung di desk konsultasi melalui ponsel masing-masing. Format digital memungkinkan pedoman untuk dibagikan kembali oleh pengunjung ke pustakawan lain yang tidak dapat hadir dalam RAKORNAS. Dengan adanya pemanfaatan teknologi seperti itu, diharapkan kebutuhan pustakawan terhadap pedoman untuk kegiatan pengembangan dan pengolahan bahan perpustakaan dapat terpenuhi.

Hingga ditutup pada hari Rabu tanggal 26 Februari 2020, tim desk konsultasi telah menerima 429 pengunjung yang berasal dari berbagai daerah. Cendera mata yang telah disiapkan pada saat keberangkatan juga habis diserahkan kepada pengunjung. Cendera mata tersebut berupa 30 eksemplar buku Kebijakan Pengembangan Koleksi, 30 eksemplar buku Pedoman Pendaftaran dan Pemberian Penghargaan Naskah Kuno, 30 eksemplar buku Pedoman Penaksiran Harga Bahan Perpustakaan, 25 eksemplar buku Pedoman Pengolahan Bahan Perpustakaan, 200 eksemplar buku Pedoman Klasifikasi Bahasa dan Kesusastraan Indonesia, 25 eksemplar buku Perluasan dan Penyesuaian Notasi DDC untuk Wilayah Indonesia, 5 eksemplar buku Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional serta 100 eksemplar CD Pedoman-Pedoman Pengolahan Bahan Perpustakaan.

Selama kegiatan berlangsung, tim juga menampilkan infografis kegiatan pengembangan dan pengolahan di layar televisi yang telah disiapkan. Ditampilkan juga banner Alur Tukar Menukar Bahan Perpustakaan, Alur Pengadaan Langsung Bahan Perpustakaan, iPusnas Alur Penerimaan Bahan Perpustakaan Hadiah/Hibah, Pedoman dan Panduan Pengolahan Koleksi Perpustakaan, serta Workshop Pedoman Pengatalogan Deskriptif Berbasis Resource Description & Access (RDA). Sementara untuk poster, menampilkan buku-buku pedoman pengolahan bahan perpustakaan serta buku-buku karya pustakawan di Bidang Pengolahan Bahan Pustaka.

RAKORNAS Bidang Perpustakaan Tahun 2020 sendiri diselenggarakan pada tanggal 25-27 Februari 2020. Acara dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D. dan mengangkat tema "Inovasi dan Kreativitas Pustakawan Dalam Penguatan Budaya Literasi Untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju". Dalam acara, dibahas sejumlah kebijakan yang dipaparkan oleh Bappenas, Kemenkeu, Kemendikbud, Kemendes-PDTT, Komisi X DPR RI, dan Perpustakaan Nasional. Peserta yang hadir tidak kurang dari 1.500 peserta yang terdiri dari beberapa unsur, di antaranya dinas perpustakaan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, forum perpustakaan, asosiasi penerbit dan profesi, pegiat literasi, dan pustakawan. (RCU)

 

Comments


Tambah Komentar


Silahkan Login Dulu

Login

Sidebar Menu