RAPAT KOORDINASI PENGEMBANGAN KOLEKSI NASIONAL, JAKARTA 23 – 24 JULI 2019

Pusat Pegembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka melalui Bidang Akuisisi baru saja melaksanakan Rapat Koordinasi Pengembangan Koleksi Nasional pada tanggal 23 – 24 Juli 2019 bertempat di Hotel Swiss-Bellinn, Kemayoran Jakarta. Rapat ini dihadiri oleh perpustakaan daerah dan perpustakaan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Mengusung tema Pengadaan Bahan Perpustakaan Cepat, Tepat dan Berkualitas, rapat ini dapat berjalan dengan sukses.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini mengulas lima materi yang terbagi dalam dua hari diantaranya:  Kebijakan Penganggaran Bidang Perpustakaan yang disampaikan oleh Syahrul, SE, M.Si dari DJA; Kesiapan Penerbit dalam Penyediaan Terbitan Tercetak & Elektronik yang disampaikan oleh Bagus M. Adam dari Gramedia; Ketersediaan Koleksi Perpustakaan dalam Mendukung Program Civitas Academica disampaikan oleh Imam Budi dari FPPTI; Prosedur Pengadaan Bahan Perpustakaan Melalui Pengadaan Langsung atau Lelang diutarakan oleh Ermawati dari LKPP; dan yang terakhir mengenai Kesesuaian Proses Pengadaan Bahan Perpustakaan dengan Pertanggungjawaban Keuangan oleh Iwan Taufiq dari BPKP.

Hasil dari Rapat ini menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu: penerbit dituntut untuk menghasilkan terbitan dengan komposisi antara buku fiksi dan nonfiksi yang seimbang dengan format yang mengikuti tren perkembangan dunia seperti ebook atau audiobook; Sistem pengadaan barang/jasa untuk bidang perpustakaan dapat dilakukan dengan cara pengadaan langsung ataupun melibatkan pihak ketiga dimana koordinasi yang solid menjadi kunci utama kesuksesan kegiatan ini; serta ketika proses pengadaan barang/jasa perpustakaan sedang berlangsung, perlu dipastikan bahwa tahapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) harus disesuaikan dengan visi organisasi agar tujuan organisasi tersebut dapat tercapai. 

Comments


Tambah Komentar


Silahkan Login Dulu

Login
Anda Pengunjung ke :

Sidebar Menu