Webinar Diskusi Kepustakawanan : Pengorganisasian Informasi, 10 Juni 2020

Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada hari Rabu tanggal 10 Juni 2020 kembali mengadakan Webinar Diskusi Kepustakawanan dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Cloud Meetings. Tema yang diangkat pada webinar kali ini yaitu tentang pengorganisasian informasi. Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Kepala Bidang Pengolahan Bahan Pustaka Suharyanto, S.Sos., M.Hum. Dalam sambutannya, Bapak Suharyanto menjelaskan bahwa tujuan diadakannya webinar yaitu sebagai tempat untuk berbagi informasi dan pengetahuan antar pustakawan, sosialisasi pedoman pengolahan koleksi bahan perpustakaan yang diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional RI, serta sarana untuk memperoleh masukan dari seluruh peserta terkait dengan kegiatan Bidang Pengolahan Bahan Pustaka termasuk kegiatan yang dilaksanakan di daerah.
 
 
 
Webinar dipandu oleh pembawa acara dari Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, Rosi Septiawan, S.Hum. Sementara diskusi dipandu oleh moderator Saiful Afidhan, S.Hum. dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu Dra. Sri Mulyani, M.Si., Lilies Fardhiyah, S.Sos., M.P., dan Rizky Catur Utomo, S.Hum. Topik yang dibahas dalam webinar ini yaitu "Metadata IndoMarc : Penerapan di Bidang Pengolahan Bahan Pustaka Perpusnas RI" oleh Sri Mulyani, "Pengorganisasian Informasi Berbasis Resource Description and Access" oleh Lilies Fardhiyah, "Covid 19 : Analisis Subjek Berdasarkan Klasifikasi DDC 23" oleh Rizky Catur Utomo. Paparan dari ketiga narasumber dilanjutkan sesi tanya jawab yang disampaikan dengan memanfaatkan fitur chat dan raise hand pada aplikasi Zoom. Acara ditutup dengan kegiatan foto bersama secara daring menggunakan fitur screenshot.
 
Pelaksanaan webinar kali ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Perbedaan tersebut ada pada aspek kepesertaan yang kini dibuka untuk umum. Sehingga peserta yang ikut berjumlah 223 orang dan 175 orang di antaranya merupakan peserta dari luar Bidang Pengolahan Bahan Pustaka. Peserta tersebar di 22 provinsi dari Aceh sampai Papua, dengan jumlah peserta terbanyak dari DKI Jakarta. Jenis perpustakaan asal peserta juga beragam meliputi perpustakaan umum tingkat provinsi dan kabupaten/kota, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan khusus. Sementara untuk aturan seperti mematikan suara ketika presentasi pembicara, mengaktifkan suara jika mendapat kesempatan berbicara, dan menggunakan nama sesuai dengan yang didaftarkan masih sama dengan panduan webinar sebelumnya.
 
Webinar kembali dapat terselenggara dengan dukungan Ikatan Pustakawan Indonesia yang memfasilitasi Zoom Cloud Meetings tipe premium. Ikut berpartisipasi dalam kepanitiaan acara, Ervina Nurjanah, S.Hum. sebagai notulis, Irfan Sugianto, S.Hum sebagai pembaca doa, Sri Mulyani, A.Md. sebagai penanggung jawab peserta eksternal, Putu Handira Prawijaya, S.Komp. sebagai pembuat publikasi, Muhammad Ansyari Tantawi Nasution, S.Hum. sebagai meeting host, dan Destiya Puji Prabowo sebagai co-host. Webinar selanjutnya direncanakan akan diadakan pada hari Kamis tanggal 25 Juni 2020 dengan tema “Transformasi Perpustakaan dan Pengelolaan Koleksi Digital”. (RCU)
 

Comments


Tambah Komentar


Silahkan Login Dulu

Login

Sidebar Menu