Webinar Diskusi Kepustakawanan : Pustakawan di Masa Pandemi Covid-19, 2 Juni 2020

Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada hari Selasa tanggal 2 Juni 2020 mengadakan Webinar Diskusi Kepustakawanan dengan tema “Pustakawan di Masa Pandemi Covid-19” secara daring dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Cloud Meetings.  Acara dibuka dengan sambutan oleh Bapak Kepala Bidang Pengolahan Bahan Pustaka Suharyanto, S.Sos., M.Hum. serta diikuti oleh 58 peserta yang terdiri dari 48 orang peserta internal Bidang Pengolan Bahan Pustaka dan 10 orang peserta eksternal. Acara dipandu oleh pembawa acara dari Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, Dini Albaniyyah, S.Hum. 

Diskusi dipandu oleh moderator Niswa Nabila Sri Bintang Alam, S.Hum. dan menghadirkan tiga pembicara yang merupakan pustakawan dari Bidang Pengolahan Bahan Pustaka. Sementara untuk topik yang dipresentasikan yakni “Pustakawan dalam Kongres IFLA 2018” oleh Triani Rahmawati, S.S., M.I.P., “Kegiatan Pustakawan Pengolahan di saat Pandemi Covid-19” oleh Suryadi, S.T., dan “Plagiarisme di Era Digital dan Pencegahannya” oleh Muhammad Ansyari Tantawi Nasution, S.Hum. Sebelumnya Kepala Perpustakaan Universitas Indonesia Utami Budi Rahayu Hariyadi, S.S., M.Lib., M.Si. juga direncanakan hadir untuk mempresentasikan topik “Peran Pustakawan di Masa Pandemi Covid-19”,namun hal tersebut tidak dapat direalisasikan karena adanya agenda lain dari yang bersangkutan. Tahapan diskusi dimulai dengan paparan ketiga pembicara dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan disampaikan peserta melalui fitur chat yang terdapat pada aplikasi. Acara ditutup dengan kegiatan foto bersama secara daring menggunakan fitur screenshot.

Webinar dapat terselenggara dengan dukungan Ikatan Pustakawan Indonesia yang memfasilitasi Zoom Cloud Meetings kelas premium. Webinar juga dilengkapi dengan panduan pelaksanaan untuk memaksimalkan manfaat yang diterima akan diterima peserta. Penduan tersebut di antaranya menginstruksikan peserta mematikan suara ketika presentasi pembicara, mengaktifkan suara jika mendapat kesempatan berbicara, menggunakan nama sesuai dengan yang didaftarkan, dan mengajukan pertanyaan dengan fitur raise hand atau chat. Sebelum acara dimulai, fitur mengaktifkan dan mematikan suara juga diberitahukan agar seluruh peserta dapat memanfaatkannya secara optimal. Webinar juga telah dipersiapkan satu hari sebelumnya dengan melakukan kelas uji coba yang dihadiri oleh sebagian staf pustakawan Bidang Pengolahan Bahan Pustaka.

Video untuk webinar ini dapat dilihat kembali pada kanal YouTube Pengolahan Bahan Pustaka. Selanjutnya diharapkan akan diadakan kegiatan serupa dengan pembicara lain dari Bidang Pengolahan Bahan Pustaka dengan tambahan satu pembicara dari luar. Ikut bertugas juga dalam kegiatan ini Ulul Faiqoh, S.Hum. sebagai notulis, Saiful Afidhan, S.Hum. sebagai pembaca doa, Riki Setia Budi, S.Hum. sebagai penanggung jawab peserta eksternal, Putu Handira Prawijaya, S.Komp. sebagai pembuat publikasi, dan Rizky Catur Utomo, S.Hum. sebagai meeting host. (RCU)

 

 

Comments


Tambah Komentar


Silahkan Login Dulu

Login

Sidebar Menu