Andang Gunawan

Andang Widhawari Juono, atau lebih dikenal dengan nama Andang Gunawan, lahir di Ujung Pandang, 8 September 1955; umur 64 tahun, adalah pengusaha di bidang media, penulis, dan ahli food combining yang dikenal sebagai salah satu tokoh yang pertama kali mengenalkan teknik food combining untuk memelihara kesehatan dan pencernaan ke Indonesia.

Pada tahun 1994 ia memulai mempromosikan gaya hidup sehat dan food combining. Inspirasinya didapat saat melihat suaminya, Maxi Gunawan, mengeluh sakit kepala dan perut terus-menerus. Mulanya penyakit tersebut dianggap gejala biasa, sebab selama lebih dari enam tahun Maxi memang sering mengalami serangan asma, maag, sakit kepala dan kelelahan. Namun rupanya pemeriksaan medis memperlihatkan ia mengalami gejala sakit liver.

Ketakutan dengan banyaknya obat yang diberikan dokter, Andang membuang semuanya ke tong sampah dan berupaya memberikan pola makan rendah kalori kepada suaminya. Namun akibatnya suaminya terus menerus merasa lapar. Sejak saat itu, Andang kemudian mempraktikkan teori food combining. Bobot suaminya turun hingga 8 kg dan penyakitnya lenyap tanpa obat.

Ibu tiga orang anak ini pun memutuskan untuk sekolah gizi di Queensland Institute of Natural Science, Australia untuk mempelajari ilmu food combining dan menulis buku.

Karya

  1. Majalah Nirmala
  2. Buku Food Combining

Nama Lahir : Andang Widhawari Juono
Lahir : Ujung Pandang, Indonesia, 08 September 1955 ( Umur 65 )
Pekerjaan : pengusaha di bidang media, penulis, dan ahli food combining
Tahun aktif : 1994-sekarang
Situs web : https://id.wikipedia.org/wiki/Andang_Gunawan

Sidebar Menu