Asbari Nurpatria Krisna (Alm)

Asbari Nurpatria Krisna (lahir di BrebesJawa Tengah20 Februari 1943 – meninggal di Jakarta19 Februari 2014 pada umur 70 tahun) adalah seorang sastrawan Indonesia. Ia dikenal sebagai salah satu penulis sastra pop erotik. Sebelum meninggal, ia adalah salah satu redaktur surat kabar Suara Pembaharuan.

Karya-karyanya banyak dimuat di berbagai harian yang terkenal secara nasional seperti KompasSinar Harapan, dan Intisari.

Ayah Asbari bernama Rusliani, seorang pejabat pengawas di pabrik gula.[1]

Asbari menikahi Josephine Juju Mandagie (Yuyu A.N. Krisna), seorang wartawan Progress, pada hari Rabu, 16 Agustus 1972. Ia memiliki tiga orang putra, yang tertua meninggal, yang kedua bernama Travelino Theofilus, dan yang bungsu bernama Rizal Aquino.

Asbari sempat berkuliah di IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta) pada tahun 1962, yang kemudian ditinggalkannya dan masuk lagi pada tahun 1964 di jurusan yang sama, yaitu Sastra dan Bahasa Indonesia. Ia tidak menyelesaikan kuliahnya. Pada tahun 1968, ia kembali ke IKIP Jakarta, mengambil jurusan Seni Rupa, namun ia lebih cenderung menjadi penulis dan jurnalis. Ia sempat menempuh pendidikan selama tiga tahun di Akademi Sinematografi, Bidang Penyutradaraan.

 

Karya

  1. Ibu Guru Kami Cantik Sekali (1960)
  2. Esai Perjalanan Menjelajah Kemiskinan Sesudah 37 Tahun Merdeka (1982)

Nama Lahir : Asbari Nurpatria Krisna
Lahir : Brebes, Jawa Tengah, 20 February 1943 ( Umur 77 )
Pekerjaan : Sastrawan
Tahun aktif : 1960-2014
Situs web : https://id.wikipedia.org/wiki/Asbari_Nurpatria_Krisna

Sidebar Menu