Burhanuddin Daya (Alm)

Prof. Dr. H. Burhanuddin Daya (lahir di Padang Laut, Padang PariamanHindia Belanda10 September 1938 – meninggal di SlemanDaerah Istimewa Yogyakarta (DIY)23 Juli 2014 pada umur 75 tahun) adalah seorang pemikir Islam dan pengajar Indonesia.

Ia merupakan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengajar mata kuliah ilmu perbandingan agama dan pemikiran Islam. Burhanuddin pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin pada universitas Islam tersebut. Ia juga aktif dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DIY, dan menjabat sebagai wakil ketua. Sebagai pemikir, Burhanuddin telah menghasilkan belasan buku tentang perbandingan agama dan pemikiran Islam

 

Burhanuddin Daya lahir pada 10 September 1938 di Padang Laut, Padang Pariaman, pada masa Hindia Belanda. Ia menikah dengan Nurgaya Burhan, dan telah dikaruniai 3 orang anak, yaitu Alma Jaya Sukmadini, Aima Jaya Isnariani, dan Arina Jaya Puti Reni, serta 6 orang cucu.

Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. SardjitoSlemanDIY, pada 23 Juli 2014 dalam usia 76 tahun karena penyakit yang dideritanya. Jenazah Burhanuddin dimakamkan di Pemakaman UIN Sunan Kalijaga di Kadisoka, Kalasan, Sleman, DIY.

Karya

  1. Ilmu perbandingan agama di Indonesia dan Belanda: kumpulan makalah seminar (buku)
  2. Gerakan pembaharuan pemikiran Islam (buku)
  3. Agama dan masyarakat: 70 tahun H.A. Mukti Ali (buku)
  4. Agama dialogis: merenda dialektika idealita dan realita hubungan antaragama (buku)
  5. Religion and contemporary development: an International Seminar on Religions and Contemporary Developments (in Comparative Perspectives), Yogyakarta, Indonesia, 23-26 September 1992 (buku)
  6. Sumatra Thawalib dalam gerakan pembaharuan pemikiran Islam di Sumatra Barat (buku)
  7. Agama Yahudi (buku)
  8. Metode penelitian dan pengembangan ilmu perbandingan agama (buku)
  9. Makna seorang yang bernama Muhammad Taher Marah Sutan, 1880-1953, dalam membangun kepercayaan diri anak negeri (buku)
  10. Dua sejoli Yang Dipatuan Maharajo Alam Sati dan Puan Gadih Putih Reno Indaswari (buku)
  11. Pergumulan Timur menyikapi Barat: dasar-dasar oksidentalisme (buku)

Nama Lahir : Burhanuddin Daya
Lahir : Padang Laut, Padang Pariaman, Hindia Belanda, 10 September 1938 ( Umur 82 )
Pekerjaan : Pengajar, penulis
Tahun aktif : 1948-2014
Situs web : https://id.wikipedia.org/wiki/Burhanuddin_Daya

Sidebar Menu