Intan Paramaditha

Intan Paramaditha (lahir di Bandung15 November 1979; umur 40 tahun) adalah seorang pengarang dan akademisi Indonesia. Karya sastra maupun tulisan ilmiahnya sering kali terfokus pada hubungan antara gender dan seksualitas, budaya, dan politik. Ia mendapat gelar doktor dari New York University (2014).

Intan Paramaditha dikenal lewat Sihir Perempuan, kumpulan cerpen yang masuk nominasi pendek/ shortlist Khatulistiwa Literary Award (Kusala Sastra Khatulistiwa) pada tahun 2005. Bersama Eka Kurniawan dan Ugoran Prasad, ia menulis antologi Kumpulan Budak Setan (2010), persembahan untuk Abdullah Harahap, penulis horor terkenal pada tahun 1970 dan 1980-an. Pada tahun 2013 ia mendapat penghargaan sebagai cerpenis terbaik Kompas lewat cerpennya, “Klub Solidaritas Suami Hilang.”

Karya-karyanya juga tersebar di KompasKoran TempoForce Majeure: Utan Kayu International Literary Bienale 2007, dan I-Lit (Indonesian Literature in Translation, Lontar Foundation).

Ia juga menulis naskah teater, yaitu Goyang Penasaran, pertunjukan kolaborasi Teater Garasi dan disutradarai oleh Naomi Srikandi. Pertunjukan tersebut diadaptasi dari cerpen Intan dengan judul yang sama dalam buku Kumpulan Budak Setan, serta dipentaskan di Yogyakarta dan Teater Salihara Jakarta (2012). Berkisah tentang penyanyi dangdut kampung yang dipuja sekaligus dihujat, Goyang Penasaran menawarkan pandangan kritis atas isu seksualitas, agama, dan politik setelah jatuhnya rezim Orde Baru.

 

Karya

  1. Sihir Perempuan (Katakita, 2005), kumpulan cerpen.
  2. Kumpulan Budak Setan (Gramedia Pustaka Utama, 2010), antologi cerpen bersama Eka Kurniawan dan Ugoran Prasad.
  3. Goyang Penasaran: Naskah Drama dan Catatan Proses (KPG, 2013), naskah drama, wawancara dengan seniman, dan esai seputar pertunjukan Goyang Penasaran. Ditulis bersama Naomi Srikandi.

Nama Lahir : Intan Paramaditha
Lahir : Bandung, jawa Barat, 15 November 1979 ( Umur 41 )
Pekerjaan : Penulis fiksi, akademisi
Tahun aktif : 2005-sekarang
Situs web : https://id.wikipedia.org/wiki/Intan_Paramaditha

Sidebar Menu