Mira MM Astra

Mira MM Astra yang memiliki nama asli Putu Mira Novianti (lahir di DenpasarBali, 1978) adalah sastrawati berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal melalui karya-karyanya berupa puisi yang dipublikasikan di sejumlah surat kabar, terbit sebagai buku, dan terhimpun dalam berbagai antologi. Mira merupakan anak angkat dari sastrawan Umbu Landu Paranggi. Dalam penulisan karya-karyanya, dia lebih banyak mengeksplorasi kekayaan budaya Bali yang akhir-akhir ini mulai terancam tergerus oleh hadirnya pengaruh luar. Tahun 2019, Mira Astra terpilih sebagai salah satu peserta Muktamar Sastra yang diselenggarakan di SitubondoJawa Timur.

Mira MM astra lahir di Denpasar, Bali, tahun 1978. Sejak usia mudia, dia sudah menggeluti dunia kesenian, utamanya sastra. Mira menyelesaikan pendidikannya di Charles University Prague, Praha, Republik Ceko (2001-2004) mengambil Jurusan Filsafat. Di negara itu pula Mira melanjutkan S2-nya pada Anglo-American University Prague bidang Humanity Studies, Jurusan Sosial Politik. Melalui puisi-puisinya, Mira MM Astra melakukan pencarian jati diri Bali yang terlupakan di tengah impitan citra Pulau Dewata sebagai kampung internasional. Demi pencarian ini ia memilih menulis puisi daripada menjadi dosen. Di samping itu, Mira juga aktif diundang, baik sebagai peserta, narasumber, maupun penampil dalam berbagai perhelatan berskala nasional dan internasional.

Dalam penulisan karya-karyanya, Mira lebih banyak mengeksplorasi kekayaan budaya Bali yang akhir-akhir ini mulai terancam tergerus oleh hadirnya pengaruh luar. Maka, erangkat dari kegelisahan itulah dia memilih puisi yang di dalamnya terdapat banyak diksi tentang mantradoatradisi, dewa-dewi, mitologi Hindu, dan lain-lain hingga ada yang mengecapnya klenik atau magis. Namun sebutan itu sebagai resiko dari sebuah pencarian. Pada 2008 ia pulang dari Ceko. Ia menghadapi tradisi Bali dan menyadari tidak mengetahui makna dan sejarah tradisi-tradisi itu. Ia berusaha mencari jawaban di lingkungan Bali, tetapi nihil. Menurut Mira, yang terjadi di Bali sungguh mengkhawatirkan. Banyak peneliti yang datang dari dalam maupun luar negeri, tetapi mereka tidak berhasil menemukan sumber primer penelitian.

 

Karya

karya-karyanya berupa puisi yang dipublikasikan di sejumlah surat kabar, terbit sebagai buku, dan terhimpun dalam berbagai antologi

Nama Lahir : Putu Mira Novianti
Lahir : Denpasar, Bali, 30 November 1977 ( Umur 42 )
Pekerjaan : Sastrawan
Tahun aktif : 2000 - sekarang
Situs web : https://id.wikipedia.org/wiki/Mira_MM_Astra

Sidebar Menu