Reda Gaudiamo

Reda Gaudiamo (lahir di SurabayaJawa Timur1 Agustus 1962; umur 57 tahun) adalah seniman berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal melalui sejumlah karya pertunjukannya dalam bentuk musik puisi yang diterbitkan dalam bentuk album. Aku Ingin adalah salah satu puisi karya Sapardi Djoko Damono yang dinyanyikannya.

Reda Gaudiamo lahir di Surabaya, Jawa Timur, 1 Agustus 1962. Dia mengawali debutnya sebagai seniman sejak menempuh pendidikan pada Jurusan Sastra Prancis Universitas Indonesia dengan menulis berbagai topik artikel dan cerita pendek yang dipublikasikan ke berbagai media massa. Reda Gaudiamo juga menggeluti dunia tarik suara, menyanyikan lagu-lagu bergenre balada bersama rekan duetnya, Ari Malibu. Setelah lulus dia bekerja di sejumlah media cetak, antara lain Gadis, Mode, HAI, dan Cosmopolitan. Reda juga pernah menjadi publisher di Kompas Gramedia menangani Chic, Kawanku, Prevention, Sekar, InStyle, Martha Stewart Living, dan More. Bersama sejumlah temannya, ia membuat musikalisasi puisi karya Sapardi Djoko Damono. Albumnya antara lain Hujan Bulan Juni (1989), Hujan dalam Komposisi (1996), Gadis Kecil (2005 bersama Nana Soebianto/DuaIbu), Becoming Dew (2007 bersama Ari Malibu). Akan ke Manakah Angin merupakan rekaman lain, musikalisasi puisi karya Emha Ainun NajibAcep Zamzam Noor, dan Ags. Arya Dipayana. Selain menyanyikan dan membuat komposisi musik puisi (Gadis Kecil, Don't Tell Me, dan Mengalirlah Sungai -semua karya Sapardi Djoko Damono), bersama Ivan Haris, Jubing Kristianto, Tunjung Rukmo, Jonbee, dan ZainulAsikin, Reda tergabung dalam Komplotan, band beraliran country dengan album perdananya, Nyanyian Laut, 2010.

Musikalisasi puisi karya SDD dimulai pada tahun 1988 ketika beberapa mahasiswanya membantu program Pusat Bahasa, membuat musikalisasi puisi karya beberapa penyair Indonesia, dalam upaya mengapresiasikan sastra kepada siswa SLTA. Saat itulah tercipta musikalisasi Aku Ingin oleh Ags. Arya Dipayana dan Hujan Bulan Juni oleh M. Umar Muslim. Kelak, Aku Ingin diaransemen ulang oleh Dwiki Dharmawan dan menjadi bagian dari "Soundtrack Cinta dalam Sepotong Roti" (1991), dibawakan oleh Ratna Octaviani.

Beberapa tahun kemudian lahirlah album "Hujan Bulan Juni" (1989) yang seluruhnya merupakan musikalisasi dari sajak-sajak Sapardi Djoko Damono. Duet Reda Gaudiamo dan Ari Malibu merupakan salah satu dari sejumlah penyanyi lain, yang adalah mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Album "Hujan Dalam Komposisi" menyusul dirilis pada tahun 1996 dari komunitas yang sama.

Sebagai tindak lanjut atas banyaknya permintaan, album "Gadis Kecil" (2005) diprakarsai oleh duet Dua Ibu, yang terdiri dari Reda Gaudiamo dan Tatyana dirilis, dilanjutkan oleh album "Becoming Dew" (2007) dari duet Reda dan Ari Malibu. Ananda Sukarlan pada Tahun Baru 2008 juga mengadakan konser kantata "Ars Amatoria" yang berisi interpretasinya atas puisi-puisi SDD serta karya beberapa penyair lain.

Karya

  1. HujanBulanJuni, 1989 bersama Ari MalibuTatyana Soebianto, dan Gatot Wibowo
  2. Hujan Dalam Komposisi, 1996 bersama Ari Malibu dan Tatyana Soebianto
  3. Gadis Kecil, 2005 bersama Tatyana Soebianto, Jubing Kristianto, dan M. Umar Muslim
  4. Becoming Dew, 2007, bersama Ari Malibu
  1. Yang Paling Cinta (2002)
  • Nyanyian Laut, sebuah projek album bersama Komplotan (Ivan Haris, Jubing Kristianto, Zainul Asikin, Tunjung Rukmo, dan Jonbi), 2010
  • Cerpennya dimuat dalam buku kumpulan cerpen Gallery of KissesdanChina Moon (2002 & 2003)
  • Tiga kumpulan cerpen yang telah diterbitkan
  1. Bisik-bisik (EKI Press,2004)
  2. Pengantin Baru, (2011, Editum)
  3. Tentang Kita, (2015, Stiletto Books)
  • Novel pertamanya:
  1. NaWilla, serial Catatan Kemarin (2012)

Nama Lahir : Reda Gaudiamo
Lahir : Surabaya, Jawa Timur, 01 August 1962 ( Umur 57 )
Pekerjaan : Seniman
Tahun aktif : 1989-sekarang
Situs web : https://id.wikipedia.org/wiki/Reda_Gaudiamo

Sidebar Menu